XPeria Play, Ponsel dan Playstation Melebur Jadi Satu

Setelah berbulan-bulan keberadaannya diragukan, Engadget mengklaim telah mendapat preview eksklusif dari ponsel yang namanya masih diragukan itu.
Rumor yang menyatakan Sony akan membuat ponsel rasa konsol game PlayStation Portable rupanya bukan isapan jempol. Ponsel tersebut bernama Xperia Play.

Diberitakan melalui Engadget, Sony Ericsson Xperia Play awalnya memiliki kode nama Zeus dengan sebutan nomor R800i.

Hal itu pun kian diperjelas dengan sebuah video yang beredar di YouTube. Tidak hanya menampilkan ponsel dengan nama Sony Ericsson, namun juga mempertontonkan sebuah game PlayStation (PSOne) yang bisa dimainkan melalui ponsel tersebut.

Menurut Engadget, Xperia Play ini memiliki Bluetooth SIG Certification namun wifi yang ada di dalamnya tidak berfungsi dengan baik. Mungkin karena perangkat yang digenggam Engadget ini baru purwarupa saja.
Dari sisi desain, Xperia Play memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang PlayStation Portable namun hampir sama dengan ukuran ponsel Sony Ericsson lainnya. Hanya saja saat foldernya digeser maka terlihatlah perpaduan PlayStation dan Sony Ericsson yang diusungnya.

Bagian atas dilengkapi layar sentuh berukuran empat inci dan diperkuat dengan layar Bravia Mobile Engine yang didukung resolusi sebesar 854x480 piksel. Bagian bawah layar ternyata dilengkapi dengan tombol manual. Namun bukan keypad telepon, melainkan tombol mirip konsol game PlayStation Portable.

Di dalamnya, Xperia Play dilengkapi dengan chipset Qualcomm MSM8655 1GHz dibarengi dengan chip grafis Adreno 205 untuk kenyamanan tampilan dalam bermain game. Kedua prosesor dan grafis itu menawarkan kecepatan yang cukup luar biasa dengan kapasitas RAM sebesar 512 MB untuk memperkuat kinerja sistem operasi yang dibenamkan, yaitu Android 2.3 Gingerbread.

Selain itu Xperia Play juga dilengkapi kamera berkapasitas 5 megapiksel dengan sensor gambar Exmor. Dengan demikian Xperia Play mampu merekam video dengan resolusi 800x480.

Xperia Play diharapkan dapat dipamerkan pada ajang Mobile World Congress 2011 yang mulai diadakan pada 14 Februari nanti. Untuk peluncuran resminya sendiri, Xperia Play dikabarkan baru akan diluncurkan Sony Ericsson pada September atau Oktober nanti. (ar/ok/dt) www.suaramedia.com