Sukses Hadapi Ujian

Jangan biarkan orangtua stres dan menghancurkan hasil ujian anak. Inilah Tips Agar Anak Sukses Hadapi Ujian. Persiapan ujian seringkali tak hanya membuat anak stres, tapi juga orangtua. Tanpa sadar, kekhawatiran orangtua terhadap hasil ujian justru bisa mempengaruhi psikologi anak dan 'merusak' hasil ujian mereka.

Craig Halsall, pakar pendidikan dari Justin Craig Education merekomendasikan beberapa tips bagi orangtua yang ingin membantu anak agar sukses melewati ujian.

1. Menyediakan ruang di rumah yang sesuai untuk belajar dan latihan mengerjakan soal. Berikan anak buku-buku latihan di ruang yang cukup luas dan ajak mereka mengerjakannya.

2. Periode latihan jangan sampai lebih dari 90 menit menit tanpa istirahat. Selingi dengan istirahat secara teratur dan paling penting anak benar-benar menikmati belajar.

3. Melakukan latihan mengerjakan soal dan belajar sebagai sesuatu yang rutin di rumah.

4. Komunikasikan dengan anggota keluarga lainnya sehingga ruang anak tidak terganggu. Begitu juga dengan buku-buku mereka.

5. Luangkan waktu untuk membantu kesulitan mereka, meskipun tanpa diminta atau bantuan moral sekalipun.

6. Aktif memdorong latihan anak di luar jadwal yang ada. Sertakan jadwal dengan tampilan menarik seperti poster yang menyenangkan di sekitar rumah. Ajak anak untuk mematuhi dan mengisi jadwal mereka sendiri.

7. Biarkan musik santai mengalun selama sesi belajar. Tetapi matikan televisi dan hindari gangguan dengan suara keras serta gangguan lainnya seperti adik yang masih terlalu kecil.

8. Perhatikan waktu tidur. Prioritaskan tidur lebih awal dan biarkan anak beristirahat siang agar pikirannya lebih segar.

9. Sajikan makanan bergizi dan dorong anak makan sarapan sehat.

10. Cari waktu bicara dari hati ke hati pada anak untuk menceritakan masalah mereka dan mendengarkan ceritanya. Ini membantu mereka meredakan stres. (wm)
http://www.vivanews.com/