Internetan dan Hiburan di Mobil Bisa Pakai 'Komodo'

Fitur ini bernama Comodo Console, mirip dengan nama hewan asli Indonesia, Komodo. Perusahaan telekomunikasi Israel membuat sebuah perangkat komunikasi, internet dan hiburan untuk mobil. Menurut jadwal Comodo Console akan dilepas mulai bulan depan di Israel oleh operator handphone terbesar di Israel, Iway Mobile dan Cellcom. Dan dalam 6 bulan kedepan fitur ini juga akan dipasarkan ke negara lain karena Comodo Console bisa dioperasilan dalam 20 bahasa termasuk Rusia, China dan Arab.


Founder dan Chief Executive Iway Mobile Danny Knafou mengatakan setelah Israel, untuk permulaan Comodo kemungkinan akan masuk ke Prancis, Rusia dan China. 

"Kami sudah bicara dengan SFR, China Mobile dan MTS (operator di ketiga negara tadi-red)," ujar Knafou seperti dikutip detikINET dari Reuters, Senin (24/1/2011).

Comodo sendiri terdiri dari layar sentuh berukuran 4,3 inci, speakerphone, rear camera untuk keamanan ketika memundurkan kendaraan, antena GPS, modem internet yang membuatnya selalu terkoneksi ke dunia maya lewat jaringan 3G. 

Tidak hanya itu, para pengendara pun bisa menikmati radio dari berbagai belahan dunia.

Untuk menjamin keselamatan, video hanya bisa ditonton ketika mobil tidak
bergerak, email dapat diterima tetapi tidak bisa dikirim. Pesan teks dan layanan chatting tidak tersedia, dan 80 aplikasi dapat diaktifkan dengan dua klik.

Sistem navigasi tiga dimensi yang terdapat di alat ini juga bisa memperingatkan pengemudi ketika mendekati jalan berbahaya atau persimpangan. Comodo juga dapat memperingatkan pengemudi bila melebihi batas kecepatan atau ada masalah di depan, seperti unta di jalan.

Karena itulah Knafou dan Iway yang bermarkas di kawasan Beersheba, Israel ini berani mengklaim kalau alat yang mereka buat adalah alat pertama di mobil dan belum melihat ada alat lain yang seperti Comodo. ( syu / eno ) 
http://www.detikinet.com/