Definisi dan Spesifikasi Android

tekno.kompas.com
Pengertian Android
Android adalah operating system atau OS berbasis linux yang diperuntukan khusus untuk mobile device seperti smartphone atau PC table, persis seperti symbian yang dipergunakan oleh Nokia dan BlackBerry OS, jelasnya seperti microsoft windows yang sangat dikenal baik oleh para pengguna komputer dan laptop, jika kita analogikan, Andoid adalah windows nya sedangkan smartphone atau hand phone atau tablet adalah unit komputernya.

Android di ambil dari nama perusahaan penemunya yaitu android.inc yang kemudian di akuisisi oleh Google pada pertengahan tahun 2005 dan mengubah nama penyedia aplikasi Android dari Android market menjadi Google play.

Dengan sistem distribusi open sources yang di gunakan memungkinkan para pengembang untuk menciptakan beragam apikasi menarik yang dapat dinikmati oleh para penggunanya, seperti game, chatting dan lain-lain, hal ini pulalah yang membuat smartphone berbasis Android ini lebih murah dibanding gadget sejenis.

Pada perkembangannya sistem operasi Android telah mengalami beberapa perubahan dan perbaikan dan yang menarik versi keluaran Android di berinama seperti nama-nama makanan.
berikut beberapa versi Android yang berkembang saat ini :

versi 1.1
versi 1.5 (Cupcake)
versi 1.6 (Donut)
versi 2.0/2.1 (Eclair)
versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
versi 2.3 (Gingerbread)
versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
versi 4.1 (Jelly Bean)

Inilah Kelebihan HP Android
-Android bersifat open source (no free) tetapi bebas di gunakan, segala aplikasi yang di buat untuk handphone android tidak lah free, tergantung pembuatnya.
-Handphone android di peruntukkan untuk memudahkan mengakses internet terutama jejaring social, jadi jika sobat hanya ingin menggunakan handphone untuk sekedar nelpon dan sms jadinya akan mubassir.
-Masih terkait pada point ke dua, handphone androind saat ini di arahkan untuk berjejaring social dan berinternet, jadi pandai pandailah memilih provider yang mempunyai paket internet murah. Jadi android tanpa koneksi internet jadinya percuma.
-Karena handphone android saat ini bersifat multi aplikasi, maka anda semesti jeli mengatur daya baterei untuk menghemat baterei handphone android
-Tambahan, android menggunakan navigasi touchscreen. Jadi setidaknya anda harus terbiasa

Inilah Fitur-fitur Android
- Framework Aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable.
- Mesin virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat mobile
- Integrated browser berdasarkan engine open source WebKit
- Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh perpustakaan grafis 2D, grafis 3D berdasarkan spesifikasi opengl ES 1,0 Opsional akselerasi hardware)
- SQLite untuk penyimpanan data
- Media Support yang mendukung audio, video, dan gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG,PNG, GIF
- GSM Telephony (tergantung hardware)
- Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (tergantung hardware)
- Kamera, GPS, kompas, dan accelerometer hardware tergantung
- Lingkungan Development yang lengkap dan kaya termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, profil dan kinerja memori, dan plugin untuk Eclipse IDE

Detail mengenai setiap versi serta kekurangan dan kelebihannya bisa dilihat di Wikipedia.


Sumber : hasbihtc