Trik Membangun Rumah Murah

okezone.com
Ingin membangun rumah tapi minim biaya ? Berikut ini Tips untuk membangun rumah murah yang kami share untuk Anda :

Pastikan Anda memiliki Anggaran Biaya. Hal ini penting untuk memilah milah pemilihan material

Buat konsep ruang yang simetris agar hemat dalam penempatan  pondasi, kolom, balok struktur. Ini  jelas membantu apalagi jika rumah Anda bertingkat.

Jangan terlalu banyak menggunakan sekat dinding dan lekukan lekukan yang tidak perlu. Hal ini untuk menghemat dinding bata / partisi yang akan dipakai

Gunakan material hias yang perlu saja (hindari pemakaian batu alam dan mainanmainan yang dirasa cukup membuat boros). Anda bisa menambahkan mainan dan hiasan ini dikemudian hari, jika budget Anda mencukupi.

Atap bisa tetap menggunakan rangka baja ringan disamping kayu. Hal ini karena harga rangka baja ringan sekarang bisa lebih murah daripada kayu. Atap pelana lebih murah daripada atap perisai. Jika anda tidak keberatan, bisa dipikirkan penggunaan rangka baja canal C saja dengan penutup atap Asbes non asbestos, galvalum atau atap PVC yang tidak berisik, yang tentu saja lebih murah daripada pemakaian atap rangka baja ringan dengan genteng.

Gunakan cat dan kombinasi warna sehingga cukup menarik, dan terkesan tidak murahan. Cat exterior sebaiknya tetap digunakan, karena menjamin keawetan warna pada dinding luar. Untuk dinding dalam, cukup menggunakan cat interior standart.

Pemilihan keramik, cukup dengan keramik biasa 30x30, atau 40x40 jika budget Anda mencukupi. Pakai pemilihan warna yang sesuai tentunya. Padukan dengan warna dinding.

Untuk kusen, gunakan kusen aluminium. Hal ini karena harga hampir sama bahkan relatif lebih ringan dibanding dengan kusen kayu bengkirai/kamper. Jangan menggunakan kusen kayu biasa, kami rasa kusen kayu biasa kelas III, tidak tahan lama apalagi jika rumah Anda berada dikawasan anti rayap.

Semoga Tips Rumah Murah ini bisa membantu anda dalam mempertimbangkan segala sesuatu tentang pembangunan  rumah tempat tinggal anda.


Sumber : Tribunnews