Bocoran Inovasi Baru Dari Vendor

Berikut ini beberapa bocoran inovasi teknologi terbaru yang patut menjadi catatan dalam penyelenggaraan Consumer Electronic Show ( CES ) pada tahun ini.

Televisi

Televisi berteknologi layar OLED dengan resolusi 4.000 piksel bakal menjadi salah satu bintang. Samsung, misalnya, akan memboyong televisi ultra-high definition dengan layar 110 inci dan TV organic light-emitting diode (OLED).

Perusahaan asal Korea Selatan itu juga bakal memamerkan desain televisi yang diklaim belum pernah ada sebelumnya. Seperti apa bentuknya, belum diketahui hingga kini.

LG tak kalah gencar berpromosi. Untuk merebut perhatian pengunjung, LG memboyong televisi OLEDyang memiliki teknologi berbeda dengan Samsung. Teknologi lain yang akan dipamerkan adalah fitur perintah suara pada remote control.

Ada pula rumor yang menyebutkan bahwa LG akan memperkenalkan Smart TV berbasis web OS, sistem operasi terbuka dari Hewlett-Packard. OS ini pernah diterapkan pada tablet HP Touchpad, tapi gagal di pasar.

Ponsel Cerdas

Persaingan ponsel cerdas bakal kian sengit. Beberapa ponsel anyar disebut-sebut bakal memulai debutnya dalam CES 2013, antara lain Xperia Z atau Yuga dan Xperia ZL alias Odin. Keduanya buatan Sony.

Spesifikasi kedua ponsel tersebut serupa, yakni prosesor quad-core dengan kecepatan 1,5 gigahertz, layar 5 inci dengan resolusi 1.080 piksel, memori 2 gigabita, dan kamera 13 megapiksel.

Sedangkan produsen asal Cina, Huawei, akan memamerkan dua produk baru, yakni Ascend W1, yang berbasis Windows Phone, dan ponsel cerdas Android, Ascend D2.

Ascend D2 memiliki spesifikasi yang mirip dengan Xperia Yuga dan Odin, yakni pada prosesor, bentang layar, resolusi, serta kamera belakangnya. Karena spesifikasi Ascend D2 lengkap, Chief Executive Officer Huawei, Yu Chengdong, mengatakan harga jual produk tersebut akan dirasa terlalu mahal bagi mayoritas konsumen.

Tablet

Ada dua tablet murah yang dipatok seharga US$ 99 (sekitar Rp 950 ribu), yakni Nexus 7 versi baru dan Iconia B1 dari Acer.

Bocoran benchmark dan hasil foto perangkat yang dipercaya sebagai Nexus 7 versi baru beredar pada bulan lalu. Tak banyak yang disebutkan selain prosesor berkapasitas 1 gigahertz dan resolusi 1.024 x 600 piksel pada layar 7 inci.

Adaapun Iconia B1 memiliki ukuran layar dan resolusi yang sama dengan Nexus 7 versi terbaru, serta menggunakan prosesor dual-core dan sistem operasi Android Jelly Bean. Bila kabar ini benar, kedua perangkat ini dipercaya akan mengubah peta persaingan bisnis tablet 7 inci.

Kabar lain menyebutkan bahwa Intel tengah menyiapkan tablet berbasis platform Red Ridge, yang menggunakan prosesor Midfield. Masih sedikit informasi yang tergali tentang produk ini selain sistem operasi Android yang diterapkan.

Kamera

Perusahaan Polaroid akan memperkenalkan kamera yang dilengkapi dengan sistem operasi Android. Tapi, berbeda dengan sebelumnya, kamera dengan nama IM1836 ini merupakan kamera mirrorless dengan lensa yang dapat dicopot.

Kamera ini memiliki resolusi 18,1 megapiksel, layar sentuh 3,5 inci, serta dilengkapi Wi-Fi untuk berkirim foto langsung ke jejaring sosial atau surat elektronik.

Sumber : Tempo