Arti Kata KEPO

KEPO
Kata - kata gaul semakin banyak dan beragam, mulai dari kata “Lu, gue”. Kata “Pusing” yang ditenarkan Peggy Melati Sukma, “Sesuatu” Syahrini dan lain sebagainya. Dan baru - baru ini kita sering mendengar kata gaul yang terbilang baru yaitu “Kepo”. Apa sih kepo itu?

Saya yakin banyak yang sudah tahu kata kepo itu sendiri tapi banyak pula yang tidak tahu. Saya pertama kali mendengar kata “Kepo” saat diruang kelas. Kebetulan saat itu ada seorang teman yang punya masalah dengan pacarnya dan berulang kali bilang “Kepo”. Saya masih asing waktu itu tapi tidak menunjukkan kalau saya tidak tahu. Saya pura - pura tahu dan untungnya teman saya tidak bertanya. Kalau bertanya pasti jatuhlah riwayat saya hehehehe….

Saya mencari arti kepo tersebut. Lalu saya bertanya dengan salah seorang teman. Teman saya bilang kalimat kepo tersebut sebelumnya sudah ada di Malaysia, yaitu “KE” adalah bertanya dan “PO” dari kata “APO” yang artinya nenek - nenek. Jadi arti KEPO adalah nenek - nenek yang suka bertanya - tanya.

Namun akhirnya saya mendapat alasan baru dari kata KEPO, yaitu Knowing Every Particular Object yang artinya selalu ingin tahu setiap urusan orang lain. Sama saja sebenarnya arti katanya dari arti kalimat kepo dari Malaysia. Jadi misalkan kita bertanya.

“Mau kemana?”.

“Kepo banget sih”.

Menurut saya kepo itu penting, kalau tidak kepo bisa sesat dijalan bagi saya karena saya punya kebiasaan bertanya saat melakukan perjalanan traveling ketempat - tempat yang belum saya tahu. Pastilah saat seperti itu kepo tidak bisa dihindari hehehe… Tapi kalau untuk urusan pribadi orang lain wah itu tidak harus kalau yang bersangkutan tidak cerita sendiri. Demikian definisi arti kata kepo…

Sumber : Artikel dari Kompasiana.com