Tips Maksimalkan Smartphone Saat Traveling

Smartphone
Jika dimanfaatkan dengan benar, smartphone bisa jadi hal yang sangat berguna saat traveling. Dengan smartphone, Anda tak perlu lagi menggunakan buku peta ketika melakukan perjalanan. Jika terdapat kendala bahasa di tempat liburan yang sedang dikunjungi, dengan smartphone, Anda tak lagi repot untuk membawa kamus agar tidak mengalami lost in translation.

Coba maksimalkan kegunaan smartphone dengan mengunduh 5 aplikasi gratis di Google Play Store agar liburan Anda semakin menyenangkan dan tak terlupakan:

1. Tersesat?

Gunakan Google Maps saat berpergian, tidak ada lagi cerita tersesat karena peta ini bergerak mengikuti gerakan Anda, memberikan rute terbaik bahkan memberikan opsi seperti jalan kaki, naik kendaraan umum, atau bahkan bersepeda.

Secret tip: Anda bisa “save” lokasi yang ingin dikunjungi sebelum Anda bepergian. Jadi jika Anda tidak terhubung dengan internet saat jalan-jalan di negara lain, Anda tetap bisa akses maps ini di ponsel.

2. Bahasa Apa yang Ingin Anda Kuasai?

Lost in translation? That’s so 10 years ago. Aplikasi Google Translate telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga Anda bisa memanfaatkannya dalam setiap aspek liburan. Aplikasi ini sudah jauh dari sekedar mengetik kata yang ingin Anda terjemahkan. Sekarang Anda bisa berbicara langsung atau bahkan memotret kata yang ingin Anda terjemahkan.

Secret tip: Anda berada di sebuah street food market di Hongkong dan tidak tahu apa arti makanan yang dijual di cart? Arahkan kamera Google Translate dan snap! It’s a meatball!

3. Butuh Asisten? Tentu Saja Anda Mempunyainya

Belum banyak yang tahu kalau fitur Google Now adalah fitur yang bisa sangat membantu Anda saat perjalanan. Bahkan jika Anda memesan tiket perjalanan dan hotel melalui internet, Google Now akan langsung mempelajari hal itu dan mulai mengumpulkan tips yang berguna untuk Anda.

Aplikasi ini akan memasukkan jadwal flight ke kalendar ponsel, kemudian mengingatkan kapan Anda harus berangkat ke bandara agar tepat waktu, memperkirakan cuaca pada destinasi yang Anda tuju dan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi disana. Sesampainya Anda di tempat liburan, Google Now akan terus mempelajari lokasi Anda serta memberi opsi restoran di dekat Anda saat itu, hingga ke rekomendasi menu untuk dipesan, it’s like having a personal assistant.

4. Anda Bisa Dapat Semua Informasi yg Diinginkan, Secara Instan!

Saat berada di luar negeri, Anda bisa memanfaatkan Google untuk memaksimalkan informasi yang Anda dapatkan tentang hal-hal yang Anda lihat dan kunjungi.  Saat berada di Eiffel Tower misalnya, Anda bisa tekan tombol microphone merah di aplikasi Google di ponsel dan bertanya, “How tall is Eiffel Tower?” atau “How deep is Niagara Falls?”, dan Google akan memberikan jawabannya untuk Anda.

5. Film, Buku, dan Game, Sambil Menunggu!

Terjebak di dalam bis dan bosan? Google Play datang membantu. Pilih ribuan judul film HD termasuk dengan teks terjemahan, rilisan terbaru dan film pemenang penghargaan. Anda dapat menontonnya langsung di ponsel dan tablet Android Anda dan pin film tersebut di perangkat untuk ditonton di lain waktu tanpa menggunakan internet atau koneksi data.

Awesome, right?! Dan sambil menunggu di waiting room yang membosankan, Anda bisa unduh majalah favorit di Play Newsstand, atau bermain Angry Birds dan Starwars di Google Play Games. Jangan lupa untuk mengunduhnya sebelum kamu melakukan perjalanan, in case kamu tidak mempunyai koneksi internet di bandara.

Sumber : Liputan6.com