Hal Pertama yang Perlu Dilakukan Ketika Punya Ponsel Android

android
Ketika Anda membeli smartphone atau tablet berbasis Android, ada beberapa tahapan yang patut Anda terapkan. Semua itu dilakukan untuk memaksimalkan fungsi perangkat maupun fitur bawaan yang disediakan.

Menyiapkan smartphone Android agar nyaman digunakan memang memerlukan sedikit usaha dan bukan sekadar menekan tombol power. Anda perlu mengaktifkan beberapa pengaturan dan menambahkan akun Anda.

Berikut ini sejumlah trik yang perlu Anda lakukan ketika memiliki perangkat berbasis Android, seperti dikutip dari Liputan6.com

Setup Wizard

Ketika Anda menekan tombol power pada perangkat Android untuk pertama kalinya, Anda pasti akan melalui setup wizard sebelum Anda mulai menggunakannya. Dalam setup ini Anda diwajibkan untuk memilih bahasa, terhubung ke jaringan WiFi, menambahkan akun Google Anda dan mengatur setting-an, seperti pelacakan lokasi.

Caranya sangat mudah, cukup ikuti setiap langkah demi langkah yang tampil pada layar perangkat. Pilih pengaturan yang Anda inginkan. Jangan takut salah pilih pengaturan karena Anda bisa mengubahnya nanti.

Cek Sistem Operasi

Versi Android yang disertakan pada smartphone terbaru tak melulu paling up to date. Untuk memastikan apakah perangkat Anda menjalankan versi Android terbaru atau tidak, periksalah pembaruan perangkat lunak.

Caranya dengan memilih menu Settings> About Phone> Software Update. Smartphone Anda akan memeriksa setiap update dan men-download secara otomatis atau memberikan informasi tentang hardware kepada Anda apakah menjalankan sistem operasi terbaru atau tidak.

Cek Pembaruan Aplikasi

Langkah penting lain yang juga perlu dilakukan adalah dengan memeriksa pembaruan aplikasi di Play Store. Caranya cukup membuka Play Store, tekan ikon `tiga baris` yang ada di pojok kiri atas dan pilih My Apps dari menu.

Langkah ini memungkinkan Anda untuk melihat daftar aplikasi yang siap untuk diperbarui.

Amankan Perangkat

Sebuah langkah penting untuk mengamankan smartphone Anda dari tangan-tangan jahil adalah dengan menambahkan lapisan keamanan melalui password, PIN atau kunci pola. Aktifkan pula fitur Android Device Manager untuk menemukan atau menghapus data di smartphone Anda yang hilang atau dicuri.

Untuk mengunci layar, pilih Settings> Security> Lock Screen. Pilih jenis kunci yang Anda inginkan dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkannya. Di sisi lain, perangkat Android terbaru biasanya memiliki fitur pelacakan lokasi terintegrasi yang dapat membantu Anda menemukan smartphone yang hilang.

Ini biasanya diaktifkan secara default, tetapi Anda harus mengeceknya lagi dengan cara membuka aplikasi Google Settings dan pilih Security.