Tips Agar Tidur Nyeyak dan Bekualitas

Tips Tidur
Tips Agar Tidur Nyeyak dan Bekualitas - Kurang tidur bisa mengakibatkanber kurangnya konsentrasi, mudah sakit, dan gampang stress yang akhirnya menghambat kreativitas. Nah, Agar tidur Sobat lebih berkualitas dan cepat mengantuk di malam hari, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini:

1. Hindari Minum Obat Tidur
Supaya tidur lebih nyenyak cobalah untuk menghindari obat-obat yang membuat mengantuk dan juga alkohol. Sebab meskipun lebih cepat tidur, obat yang mengandung bahan penenang justru akan menggangu proses tidur alami Sobat. Ketika proses alami terganggu, tidur pun menjadi kurang berkualitas. Sobat bisa saja sering terbangun di malam hari atau bahkan mengalami mimpi buruk.

2. Hindari Minum Kopi
Karena merasa mengantuk di siang hari akibat kurang tidur, sebagian orang memutuskan untuk minum kopi sebagai solusi. Kalau memang sangat mengantuk, hindari mengkonsumsi kopi lebih dari jam 12 siang. Karena pada saat malam harinya Sobat akan kesulitan untuk tidur. Tidak hanya itu, kafein pada kopi juga akan menggangu fase tidur nyenyak. Hal itu akan membuat Sobat menjadi seperti kurang semangat dan lelah di pagi harinya. Jika Sobat kembali meminum kopi sebagai obatnya, maka kondisi seperti itu akan kembali berulang.

3. Hindari Tidur Balas Dendam
Sebagian orang merasa tidak pernah mendapat tidur yang cukup saat hari kerja. Maka saat akhir pekan mereka memutuskan untuk istirahat seharian seperti balas dendam. Hal ini juga kurang baik dilakukan karena waktu terjaga jadi tidak konsisten. Pada saat hari Senin, tubuh Sobat akan mengadaptasi kebiasaan tidur akhir pekan sehingga bakal merasa lelah dan mengantuk.

4. Hindari Kerja di Malam Hari
Agar lebih cepat mengantuk, hindarilah menyelesaikan pekerjaan sesaat sebelum tidur. Kegiatan yang membutuhkan otak untuk berpikir seperti itu akan membuat Sobat susah terlelap karena telah terstimulasi untuk terjaga. Jika bisa singkirkan handphone ketika ingin istriahat supaya Sobat tidak tergoda mengecek email terkait pekerjaan yang bisa membuat kepikiran.

5. Bangun di Waktu yang Berbeda-beda
Para ahli tidur menyarankan, sebaiknya Sobat tidak bangun dengan waktu yang berubah-ubah. Karena jam bangun tidur yang konsisten akan membentuk kebiasaan yang membuat Sobat tidak memerlukan alarm lagi. Waktu bangun tidur yang teratur akan membuat otak mengirim peringatan untuk bangun satu jam sebelumnya. Jika waktu bangun tidur tidak teratur otak tidak akan tahu kapan waktunya untuk melengkapi proses tidur dan kapan harus bersiap untuk membangunkan Sobat.

Smoga Tips Supaya Tidur Berkualitas di atas bisa bermanfaat untuk Sobat Wong Katro smua. Dan Terima kasih tlah mampir di blognya Wong Katro.