Tip Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Wongkatro Tips Sehat - Mengingat pentingnya kesehatan serta mahalnya biaya pengobatan maupun biaya rumah sakit, memiliki asuransi kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting. Asuransi kesehatan adalah sebuah jaminan dari produk asuransi yang fungsi utamanya adalah menjamin biaya perawatan kesehatan para nasabah apabila terjadi kecelakaan atau sakit pada nasabah tersebut.


Namun, Anda juga harus memperhatikan banyak hal sebelum menentukan pilihan Anda pada asuransi kesehatan yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda hindari dalam memilih asuransi kesehatan:

1. Tidak tahu manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan tersebut.

Asuransi kesehatan memang sangat penting, tetapi memilih asuransi kesehatan tanpa mengetahui manfaat yang Anda dapat adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Hal ini hanya akan membawa masalah karena mungkin Anda berpikir bahwa ketika Anda membutuhkan asuransi tersebut dimana Anda merasa berhak atas fasilitas tertentu tetapi ternyata Anda tidak bisa mendapatkannya. Jadilah pembeli yang bijak dengan mempelajari secara seksama asuransi kesehatan yang Anda pilihan sebelum membelinya.

2. Tidak memanfaatkan semua layanan yang ditawarkan.

Ketika Anda memilih sebuah asuransi kesehatan lengkap dengan semua layanan dan keistimewaan yang ditawarkan misalnya pemeriksaan gratis pada periode tertentu sangat disayangkan jika Anda mengabaikannya dan tidak memanfaatkan layanan tersebut. Oleh karena itu poin no 1 di atas penting sehingga Anda tahu benar manfaat dari asuransi kesehatan yang Anda pilih dan dapat memperoleh manfaat serta hasil maksimal dari setiap layanan yang ditawarkan.

3.  Hindari memilih asuransi kesehatan yang mengharuskan Anda berobat ke wilayah yang jauh dari lokasi tempat tinggal Anda untuk memperoleh layanan dari asuransi kesehatan yang Anda pilih tersebut. Pastikan bahwa sebelum membeli sebuah asuransi kesehatan, layanan yang diberikan dalam hal ini rumah sakit maupun dokter rujukan yang ditentukan berada di sekitar tempat tinggal Anda.

4. Hindari memilih asuransi kesehatan secara tergesa-gesa tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu atau membandingkan dengan produk lain.

Keputusan yang tergesa-gesa akan menyulitkan Anda nantinya karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli asuransi kesehatan termasuk layanan yang ditawatkan, kredibilitas perusahaan asuransi, biaya premi serta uang tanggungan dan lain sebagainya.

Dalam memilih asuransi kesehatan Anda harus benar-benar mencari yang sesuai dengan kebutuhan Anda, paling tidak mendekati apa yang Anda butuhkan mengingat layanan dan proteksi masing-masing asuransi kesehatan berbeda. Pastikan bahwa Anda sudah mempelajari dengan seksama asuransi kesehatan tersebut dan memang sesuai dengan kondisi Anda baik kondisi keuangan maupun proteksi masa depan yang Anda inginkan. Dengan demikian Anda akan memperoleh manfaat serta hasil maksimal dari asuransi kesehatan yang Anda pilih.

Sumber : Kompasiana