Tips Trik Untuk iPhone dan iPad

Berikut adalah tips dan trik mudah untuk menggunakan fitur-fitur dahsyat yang disediakan Apple pada Tablet iPad atau smartphone iPhone :

The App Switcher
Apple menyediakan the App Switcher awalnya melalui iOS4 sebagai fitur untuk melakukan jalan pintas menuju Safari. Jika Anda telah menggunakan Safari akhir-akhir ini, Anda hanya perlu melakukan dua kali ketukan (double tap) pada tombol Home untuk membuka the App Switcher.Halaman pertama fitur ini akan memperlihatkan beberapa aplikasi favorit yang sering Anda gunakan. Dengan bergeser kearah kanan, Anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang pernah Anda gunakan sebelumnya.


Menutup aplikasi yang rusak melalui App Switcher
Pengguna gadget canggih kemungkinan akan menghadapi beberapa kejadian yang kurang mengenakan. Salah satunya adalah membekunya (semacam ‘hang’) aplikasi saat sedang dijalankan. Untuk mengatasinya, banyak orang yang me-reset perangkatnya. Namun sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan.Anda hanya perlu menuju Homescreen, kemudian melakukan dua kali ketukan (Double tap) untuk menuju the App Switcher. Temukan icon aplikasi yang hendak ditutup dan tekan jari Anda pada icon tersebut selama satu atau dua detik. Kemudian ketuk tanda ‘-‘ untuk menutupnya. Lalu buka kembali aplikasi tersebut melalui homescreen jika Anda masih tetap ingin memakainya.


Tombol App Switcher tersembunyi
Melalui App Switcher, Anda dapat menuju ke semacam halaman bonus hanya dengan satu klik. Bagi iPhone, manfaatnya adalah Anda dapat mengunci orientasi layar serta melakukan play/pause/go back/ skip tracks saat Anda mendengarkan musik. Sedangkan untuk iPad, semua kegiatan di atas dapat dilakukan termasuk menyesuaikan volume dan kecerahan layar.Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu melakukan sebagai berikut : lakukan dua kali ketukan di tombol home untuk menuju the App Switcher, kemudian bergeserlah ke kanan mulai dari halaman pertama.

Pusat Pemberitahuan (The Notification Center)
Merupakan salah satu hal yang tidak dijelaskan terperinci oleh Apple. Dimulai dari iOS 5, iOS mulai menyediakan daftar dari pemberitahuan terakhir yang Anda terima sehingga Anda bisa dengan mudah menuju aplikasi yang menarik perhatian Anda.Untuk menurunkan kotak pemberitahuan, hanya dengan mudah menariknya ke bawah dari layar bagian paling atas. Akan muncul seluruh sms terakhir (yang belum Anda baca), seluruh pesan dan beberapa konfigurasi widget (cuaca, saham, dsb). Anda dapat menampilkan kotak ini dalam Settings > Notifications.

The Camera Shortcut
Satu lagi fitur dahsyat yang disediakan Apple melalui iOS 5 bagi penggemar foto untuk merekam kejadian-kejadian penting dalam hidupnya secara cepat. Anda dapat mengakses kamera melalui layar yang terkunci dengan cara melakukan dua kali ketukan di tombol home. Akan muncul icon kendali music di bagian teratas dan icon kamera tepat disebelah unlock bar. Ketuk pada icon tersebut, maka Anda segera dapat menjalankan kamera. (Catatan: sepertinya cara ini hanya berlaku untuk iPhone dan iPod Touches, namun tidak dapat dijalankan di iPad).

Trik Bonus untuk pengguna iPhone atau iPad:

  • Untuk melakukan screenshot pada setiap aplikasi, Anda hanya perlu menekan tombol home dan power selama sekitar satu detik. Foto akan langsung tersimpan di rol kamera Anda. Menekan tombol dalam waktu yang terlalu lama akan menyebabkan perangkat ter-reset.
  • Bagi hampir setiap aplikasi, Anda dapat bergulir ke bagian teratas halaman yang sangat panjang hanya dengan mengetuk status bar (barisan yang ada jamnya).
  • Gunakan iCloud. Ini sangat penting untuk mem-backup seluruh konten pribadi Anda termasuk foto dan kontak.