Tips Irit BBM untuk Motor Matik

motor matik
Hallo Mas Bro, sudah dengar rencana Pemerintah yang akan menaikkan  harga bahan bakar minyak atau BBM ? Nah, Sebagai  pengguna kendaraan kita dituntut untuk bisa melakukan efisiensi atau hemat bro.

Untuk pengguna kendaraan roda dua, khusus mereka yang memakai kendaraan berjenis matik, kita perlu memahami sejumlah trik agar efisiensi pada kendaraan kita terjaga.

Berbeda halnya dengan motor berjenis bebek dan sport, pengguna matik harus memperhatikan beberapa faktor. Oleh karena itu, berikut Wong katro uraikan beberapa tips agar tetap irit atau hemat BBM dalam menggunakan motor matik yang kami kutip dari Liputan6.com :


1. Panaskan mesin jangan terlalu lama

Sebelum berkendara menggunakan sepeda motor, sudah menjadi barang wajib untuk memanaskan kendaraan. Akan tetapi ada sejumlah hal yang perlu kita perhatikan, salah satunya kita sebisa mungkin menggunakan kick stater daripada menggunakan tombol starter.

Kalau terpaksa menggunakan tombol starter, pastikan untuk menarik rem belakang. Selanjutnya hindari lah menarik tuas gas supaya bensin tidak menguap percuma.

2. Tarik tuas gas dengan pelan

Kalau kita kebiasaan menggeber-geber tuas gas usahakan untuk  dihindari. Tatkala dalam posisi berhenti, tariklah tuas gas dengan perlahan dan jangan langsung menyentaknya.

3. Jangan terlalu sering ngerem mendadak

Berbeda dengan motor bebek maupun sport yang bisa memanfaatkan engine brake untuk mengurangi laju kendaraan, untuk sepeda motor matik hanya menggunakan rem depan dan belakang.

Perlu diperhatikan agar tidak terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak atau terlalu dalam. Untuk itu, perhatikan laju kendaraan Kita.

4. Memakai bensin dengan kualitas terbaik

Selain cara dan sikap berkendara di jalan, faktor pengguanan bahan bakar juga tak luput dari perhatian. Baiknya, gunakanlah bensi dengan oktan di atas 90 persen agar pembakaran di ruang mesin jauh lebih sempurna.

5. Jangan membawa barang berlebih

Tak dapat dipungkiri, makin beratnya beban motor akan membutuhkan bukaan gas yang lebih sehingga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, bawalah barang-barang sesuai kebutuhan.

Tips Irit BBM untuk Motor Matik