Kebiasaan Posisitif dan Negatif Warga Amerika

Amerika
Warga di setiap negara mempunyai kebiasaan positif dan negatif, termasuk di Amerika, negara yang multikultur. Kebiasaan tersebut ada yang patut dicontoh, ada yang tidak.

Berikut hal-hal positif yang pernah saya temui di Amerika:
1. Hampir selalu tepat waktu dalam setiap hal, termasuk jadwal kedatangan alat transportasi, kalaupun ada keterlambatan, biasanya tidak lebih dari 3-5 menit.

2. Saat di transportasi umum, hampir selalu melihat orang-orang membaca buku baik itu paper book maupun e-book. Daya baca masyarakatnya tinggi.

3. Sering terdengar kata sapaan ramah, "How are you?" "Have a good day," dan sejenisnya, meskipun dari orang yang ga dikenal, terutama kasir toko ato pelayanan publik.

4. Apabila ada yang bersin, hampir selalu ada orang disekitarnya yang mengucapkan, "Bless you."


5. Lebih senang berjalan kaki, meskipun relatif jauh.


Namun, ada juga hal-hal yang menurut saya kurang patut dicontoh, misalnya:
1. Sering terdengar musik yang disetel keras-keras di mobil, apalagi saat berhenti di lampu merah. Kadang ada musik rap, bollywood, arab dll, tapi belum pernah dengar dangdutan. Hehe.

2. Ga jarang mendengar orang "teriak-teriak" di jalan, baik itu manggil seseorang, mengumpat, ataupun sedang menelepon.

3. Sering melihat bekas permen karet berupa bulatan2 kecil yang sudah menghitam di trotoar

4. Kalo ada masalah lalu lintas antar pengguna kendaraan, mereka ga segan-segan membunyikan klakson lama-lama, bisa sampai 10-30 detik, baik itu terus menerus maupun putus-putus.


Hal-hal lain yang sering terlihat yaitu:
1. Orang-orang sering menggunakan semacam trolley-cart/ kereta dorong untuk berbelanja bila antara tempat belanja dan tempat tinggalnya dapat dijangkau dengan berjalan kaki.


2. Para balita lebih sering diajak jalan-jalan dengan menggunakan stroller/ kereta dorong bayi daripada dipangku.


3. Sering terlihat orang berjalan-jalan bersama anjingnya. Di beberapa kota dan negara bagian di Amerika, mewajibkan pemilik anjing untuk memungut/ membersihkan kotoran anjingnya, seperti di New York City dan Iowa City, serta negara bagian Virginia dan New Jersey.


4. Pada hari-hari biasa, mall dan bioskop di Amerika tampak sepi pengunjung.