Strategi Bisnis Dari Entrepreneur Internasional

Anda Pebisnis Pemula ? Inilah Strategi Bisnis Dari Entrepreneur Internasional untuk anda. Memulai sebuah usaha dan menemukan modal yang dibutuhkan merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi seorang calon entrepreneur. Mencari investor untuk menyuktikkan dana juga tidak kalah menantangnya.


Tantangan ini juga pernah dialami oleh Mark Cuban, salah seorang entrepreneur AS dengan reputasi internasional. Cuban adalah pemilik tim basket Dallas Mavericks dan pimpinan jaringan TV kabel HDNet. Seperti diberitakan dari entrepreneur.com, Mark Cuban memberikan tips mengenai bagaimana menerobos belantara bisnis bagi Anda yang pertama kali terjun ke bisnis:

1. Perlakukan pelanggan Anda seperti mereka memiliki Anda, karena mereka memang memiliki Anda
“Seberapa besar usaha Anda tumbuh kelak, Anda tidak akan pernah benar-benar memilikinya,” tukas Cuban. Pemilik usaha Anda ialah para pelanggan Anda. Lebih mudah lagi untuk bersikap baik, penuh hormat dan berempati serta mengerti bagaimana Anda bisa menolong sebelum mereka meminta bantuan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Memperbaiki hubungan dengan pelanggan yang sudah merasa kecewa akan lebih sulit daripada mencegahnya.

Satu hal yang menjadi perhatian Cuban agar pelanggannya bisa terus merasa puas adalah dengan tetap bisa dihubungi dalam waktu dan kondisi apapun. “Saya usahakan untuk berikan alamat email saya pada pelanggan sehingga bisa menghubungi saya saat ada keluhan secara langsung,” tegas Cuban untuk menekankan arti penting kepuasan pelanggan dalam kelanggengan bisnis.

2. Temukan kelemahan Anda sebelum ditemukan pesaing
Tidak cukup jika hanya membawa ide ke pasar. Anda juga harus berada di depan para pesaing yang akan merampas bagian Anda.

Gunakan cara pandang pesaing dalam melihat bisnis Anda, dan akan Anda temukan banyak kelemahan di dalamnya, jauh lebih banyak dari yang Anda perkirakan. Hal ini bukan untuk menakut-nakuti Anda tetapi membuat Anda lebih waspada terhadap kehadiran dan taktik yang dipakai pesaing dalam usahanya mengambil alih ceruk pasar yang telah/ akan Anda genggam sekarang.

3. Modal usaha terbaik ialah “ekuitas kerja keras”
Tidak ada ruang untuk beralasan saat Anda meluncurkan bisnis baru. Tidak punya modal banyak? Tidak punya relasi yang bisa menghubungkan dengan orang-orang berpengaruh?

“Entrepreneur yang unggul berinvestasi dalam waktu yang ia miliki, tak peduli seberapa banyak jam yang ia habiskan dalam sehari untuk belajar mengenai industri yang digelutinya lebih banyak dari orang lain,” kata Cuban. (Ciputraentrepreneurship.com)