Sindroma “I Hate Monday!”


Setelah menghabiskan waktu libur di akhir pekan, hari Senin kok, malah malas bekerja?. Seperti itulah sindroma “I Hate Monday!” Sindrom yang biasa muncul pada Senin pagi ini ditandai beberapa gejala, di antaranya bangun kesiangan, kepala terasa berat sewaktu bangun tidur, uring-uringan, sakit perut, dan migren. Padahal, ada banyak tugas kantor menumpuk di depan mata. Lantas, apa yang harus dilakukan agar Anda bisa mendapat suntikan semangat di hari Senin?


Jangan telat bangun
Bangun sepagi mungkin. Pasang alarm satu jam lebih awal. Disiplinkan diri dengan tidak kembali tidur saat weker atau alarm berbunyi. Segeralah bangkit dan mandi. Dengan begitu Anda memiliki waktu menyiapkan pakaian terbaik dan berdandan. Plus, Anda tidak akan uring-uringan di pagi hari. Saat bersiap-siap, boleh juga mendengarkan musik kesukaan, agar makin semangat menuju kantor.

Dress for success 
Bosan dengan busana Anda yang itu-itu saja? Lakukan padu padan baju kantor. Selain menggunakan busana yang pantas, pilihlah busana yang berwarna cerah karena dapat mengalirkan energi dan semangat baru dalam beraktivitas. Jadi, jangan takut bermain warna. Warna cerah bisa menghilangkan rasa kantuk. Busana tak hanya memengaruhi penampilan, tapi juga mood. 

Menikmati macet
Lalu lintas yang ramai dan cenderung macet menjadi ‘makanan’ sehari-hari penduduk kota besar. Begitu pun antrean panjang di berbagai jasa layanan umum. Daripada membiarkan tekanan darah naik di dalam situasi menunggu yang tak terhindarkan, lebih baik lambungkan pikiran Anda ke ‘tempat’ lain atau manfaatkan waktu menunggu sebagai ‘hadiah’ tak terduga. Kapan lagi Anda bisa mengobrol ringan (bergosip, bertukar anekdot yang memancing tawa, saling memberi tebakan kuis) bila Anda kebetulan bersama teman. Atau, jika Anda sendirian, jangan ragu untuk sekadar melamun dan berfantasi sesuka Anda. Setidaknya, untuk sementara waktu Anda punya cara santai untuk melupakan kemacetan. 

Bayangkan hal-hal yang bikin happy
Dalam perjalanan menuju kantor, Anda dapat membayangkan hal-hal yang menyenangkan di kantor. Misalnya, betapa serunya nanti bertemu kembali dengan teman-teman sekantor. Atau, bagi si lajang, membayangkan bertemu lagi dengan teman pria sekantor yang sedang diincar. Hal ini pasti bikin Anda makin semangat. Dijamin, Anda tidak sabar untuk segera berada di kantor. 

Buat daftar kerja 
Setibanya di kantor, jangan terburu-buru mengerjakan semua tugas. Anda mungkin akan sedikit kewalahan, melihat tugas kantor yang menumpuk. Namun jangan jadikan hal seperti ini membuat Anda panik dan stres sendiri. Lakukan secara perlahan tapi pasti, dan jangan terjebak dalam pikiran sendiri yang menganggap semua tugas kantor harus selesai dalam waktu bersamaan. 

Tarik nafas dalam-dalam, lalu mulailah dengan tugas yang lebih banyak membutuhkan kreativitas. Berkreasi akan membangkitkan energi dan semangat Anda. Agar tidak jenuh, siasati dengan mendengarkan musik kesukaan Anda. Bila merasa lelah, keluarlah dari ruangan sekitar 10 menit untuk menetralkan otak. 

Browsing internet
Melakukan penelusuran di dunia maya, alias browsing internet di sela jam kerja ternyata bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Hal ini karena browsing selama 10 menit sama efektifnya dengan kegiatan rehat sejenak seperti minum kopi atau merokok saat pikiran mulai buntu.

Peneliti dari Goldsmith College, London, Inggris telah melakukan riset terhadap 1.700 karyawan di beberapa perusahaan Inggris. Hasilnya, karyawan yang menghabiskan waktu selama 10 menit dengan melakukan e-break untuk melihat halaman situs pertemanan, seperti Facebook, Friendster, atau bahkan sekedar membaca gosip terkini para selebritis, mengaku merasa lebih produktif saat kembali bekerja.