Happy Birthday Cilacap


Pada hari minggu kemarin tepatnya tanggal 21 Maret, Cilacap telah genap berusia 154 tahun. Dalam bulan Maret ini, Serangkaian acara dan kegiatan menyambut Hari Jadi ke 154 Kabupaten Cilacap, sangat semarak.

Mulai dari kegiatan olahraga, kesenian, bakti sosial, donor darah, Khitanan massal dan hiburan ditampilkan dalam semarak 154 tahun Kabupaten Cilacap.

Sejumlah 41 orang, Rabu kemarin (17/03) mengikuti kegiatan donor darah, yang bertempat di gedung Sumekar Cilacap. Para pendonor tersebut, berasal dari karyawan dan karyawati dilingkungan Pemkab Cilacap.

Puncak Acara peringatan Hari Jadi ke 154 Kabupaten Cilacap, jatuh pada hari Minggu kemarin (21/03). Puncak acara tersebut diisi dengan prosesi kirab lambang daerah, kirab prestasi dan parade budaya dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Cilacap.

Prosesi dan arak-arak Lambang daerah, Kirab Prestasi dan Parade budaya akan mengambil strat dari lapangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menuju jalan A. Yani, dan berakhir di Alun-Alun Cilacap.

Menurut Kepala Disbudpar Kabupaten Cilacap, Drs. Indro Cahyono,MM, Kirab lambang Daerah dimeriahkan dengan pasukan kuda sejumlah 10 orang yang melambangkan tahun 2010, drumband tradisional, dengan pakaian adat jawa, Prajurit sebanyak 21 orang, Lambang Daerah dan Duplikat, Foto-foto Bupati, Bendera merah putih, Barisan sejumlah 154 orang dengan berpakaian adat Jawa dan Sunda, yang melambangkan hari jadi yang ke 154 tahun.

Selain Kirab lambang Daerah, prosesi juga akan dimeriahkan dengan kirab Prestasi yang diraih Kabupaten Cilacap, di berbagai bidang pembangunan. Mulai dari bidang Ketahanan pangan yang berhasil meraih Juara pertama tingkat Nasional tahun 2009, tentang Pengembangan Ketahanan Pangan, yang diraih Kelompok Binaan Pemberdayaan PKK, Kelompok Tani Sekar Arum.

Dibidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga juga akan menampilkan sejumlah prestasi antara lain, Juara I tingkat Nasional untuk LCC Dokter Kecil, Kreativitas siswa dan Porseni bidang bercerita, serta Model pembelajaran MGMP, dan Juara Olimpiade Nasional tahun 2009 Siswa SMP.

Dinas Deperindagkop dan UMKM, juga akan menampilkan Penghargaan tingkat Nasional berupa Paramadana Madya Koperasi untuk Penggerak Koperasi tahun 2009.

Sedang Kantor Arsip dan perpustakaan Daerah akan menampilkan Juara II lomba bercerita Siswa SD Putri tingkat Nasional tahun 2009.
Juara pertama tingkat Nasional, Jambore Kader Kesehatan Sekolah Dasar tahun 2009, juga akan memeriahkan kirab prestasi yang diusung oleh Dinas Kesehatan.

Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, juga akan menampilkan Juara Pertama tingkat Propinsi Jawa Tengah dalam Lomba Penulisan Karya Tulis Kesehatan Reproduksi Remaja kategori SLTP.

Indro Cahyono menjelaskan, selain Kirab prestasi, puncak acara Hari Jadi ke 154 Juga akan dimeriahkan dengan parade budaya yang menampilkan 24 kesenian dari kecamatan se Kabupaten Cilacap.

Budaya-budaya yang akan ditampilkan antara lain, Upacara tradisi Sedekah Bumi dari Cilacap Tengah, Kesenian Kuda Kupang dari kecamatan Kawunganten, Kesenian Sholawatan dari Cimanggu, Kesenian Reog dari Maos, Kotekan Lesung dari Kesugihan, Calung Banyumasan kreasi dari Binangun, Kesenian Calung Sunda dari Dayeuhluhur, Upacara tradisi Baritan dari Nusawungu, Kesenian Rebana Sholawatan dari Cipari, Upacara tradisi Nyadran dari Adipala, Kesenian Reog dari Sampang, Kesenian Buncis dari Kroya, Pencak Silat dari Majenang, Kesenian Marawis dari Karangpucung, Macapatan muyen dari Bantarsari, Kesenian kuda lumping begalan dari kecamatan Kedungreja, Kosidah dari Cilacap Utara, Tayub Jaipongan dari Wanareja, Kosidah dari Sidareja, Tari rampak kendang dari Patimuan, Kesenian Jaran Kepang dari Jeruklegi dan kesenian Barongsai dari kecamatan Cilacap Selatan.

Sebagai Puncak acara, pada malam hari tanggal 21 Maret diadakan Resepsi Hari Jadi ke 154 Kabupaten Cilacap di Pendopo Wijayakusuma.

Berbagai acara dan kegiatan juga akan masih terus berlangsung hingga bulan April mendatang. Mulai dari Pentas Musik baik pop maupun dangdut yang akan digelar di lapangan eks Batalyon.

Sumber : http://www.cilacapmedia.com/